Pentingnya ASI Bagi Balita

“Pelayanan Posyandu dan Sosialisasi tentang pentingnya ASI”

Pati_  Petugas dari Puskesmas Ibu Kristyaningsih bersama Babinsa Koramil 14/Gunungwungkal Sertu Joko S dan Serda Ansori memberikan pelayanan POSYANDU dan sosialisasi tentang pentingnya ASI bagi anak balita di rumah

Ibu Kuminah Desa Pesagen Kecamatan Gunungwungkal. Sabtu,15/09/2018.

Kristyaningsi sebagai petugas dari Puskesmas sekaligus juga Bidan menjelaskan secara rinci tentang ASI. Dan Kali ini saya didampingi oleh Bapak-bapak Babinsa. Menyusui merupakan aspek yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bayi guna mencapai tumbuh kembang bayi/anak yang optimal sekaligus mempertahankankesehatan ibu setelah bersalin.Sejak lahir, bayi hanya diberi ASI saja hingga usia 6 bulan yang disebut dengan pemberian ASI Eksklusif.

Selanjutnya pemberian ASI diteruskan hingga anak berusiadua tahun dengan penambahan makanan lunak/padat yang disebut makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang cukup dalam jumlah maupun mutunya.Dalam situasi apapun, ibu harus senantiasa didukung untuk tetap dapat menyusui bayinya. Karena mendapatkan ASI merupakan hak anak agar dapat bertumbuh kembang secara optimal. Pemberian ASI juga dapat membentuk perkembangan intelegensi, rohani dan perkembangan emosional, karena selama disusui dalam dekapanibu, bayi bersentuhan langsung dengan ibu, dan mendapatkan kehangatan kasih sayang dan rasa aman.

Agar ibu-ibu dapat lebih berhasil menyusui diperlukan bantuan moril dari suami dan keluarga, penyuluhan dan pengetahuan praktis dari petugas/kader. Oleh karena itu maka salah satu usaha yang ditempuh adalah dengan membentuk kelompok pendukung ASI (KP-ASI) di desa-desa di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan  Gunungwungkal . ( ans).

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :