Dandim pati hadiri upacara HUT Pramuka tingkat Kwarcab Pati

 

Pati – Upacara HUT Pramuka ke -58 Tahun 2019 tingkat Kwarcab Kabupaten Pati dengan Tema “Peringatan 58 tahun gerakan Pramuka bersama seluruh komponen Bangsa siap sedia membangun Keutuhan NKRI” dilaksanakan hari ini Kamis tanggal 14 Agustus 2019 pukul 08.30 Wib di lapangan Desa Kuryokalangan Kecanmatan Gabus Kabupaten Pati .

Kegiatan upacara yang diikuti sekitar 1200 orang anggota Pramuka Ini dihadiri oleh Bupati Pati H. Haryanto, SH.MM.MSi, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos, Kapolres Pati yg diwakili oleh Kabag ops Kompol Sundoyo MH. SH., Kepala Pengadilan Negeri Pati Suwarno SH.MH., Setda Pati Ir. Suhariyono, MM, Muspika Kecamatan Gabus, Ketua Kwartir Ranting Gabus Junadi, S. Ag, Kepala Sekolah Sekecamatan Gabus, Kepala Desa Kuryokalangan dan segenap perangkat desa, Andalan Ranting, Dewan kerja ranting, Kakak Pembina, Penegak SMA,MA,SMK, dan Penggalang SD,MI,MTS,SMP.

Pada pelaksanaan peringatan hari pramuka tersebut terlebih dahulu dilaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih dan pengucapan Dasa Darma serta Dwi Darma.


Dalam Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada Peringatan Hari Pramuka Ke- 58 tahun 2019 yang dibacakan Bupati Pati sebagai Pembina upacara didahului ucapan Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat hadir dalam peringatan Hari Pramuka ke – 58 Tahun 2019 dalam keadaan sehat.

Kwartir Nasional memandang perlu mencanangkan suatu gerakan perlindungan bagi petani dengan lebih baik mengkonsumsi produk pertanian lokal, jadikan gerakan ini sebagai wujud kecintaan segenap anggota Pramuka kepada NKRI.

Merebaknya KKN,Radikalisme dan Terorisme dan penyalahgunaan Narkoba Kawartir Nasional menyambut baik kepada kwartir daerah membentuk Satuan Saka Anti Narkoba untuk mencegah dini dan menanggulangi bahaya Narkoba sebagai wujud membangun keutuhan NKRI.

Disinggung pula tentang Penekanan agar mendorong seluruh anggota Pramuka untuk setiap saat melakukan aksi nyata dengan cara perang terhadap sampah plastik yang merupakan salah satu aksi peduli terhadap lingkungan.

Ketua Kwartir Nasional juga menyampaikan Keprihatinan tentang belum terstandarnya seragam Pramuka baik warna, desain,atribut dan tata cara penggunaanya,sehingga menunjukan kurangnya perhatian selama ini tentang kesadaran arti pentingnya persatuan dan kesatuan.

Untuk menyikapi semua permasalahan tersebut khususnya hal-hal yang mengacam keutuhan NKRI, salah satunya yaitu dengan cara tidak menyeret anggota Pramuka sehingga tidak terlibat dalam politik praktis, lupakan sejarah pahit masa lalu dimana Gerakan Pramuka terkotak – kotak dalam kelompok berdasarkan afiliasi Politik.

Diahir amanatnya, Ketua Kwartir Nasional mengajak serta menghimbau kepada Gerakan Pramuka agar siap sedia menjaga keutuhan NKRI dan memegang teguh Trisatya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari- hari.(Snpt/Pendim)

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :