Apel Bersama Pengamanan Buruh 1 Mei 2015

Hari Buruh Internasional atau lebih dikenal dengan May Day yang sekiranya akan diperingati setiap tanggal 1 Mei merupakan hari yang sangat bersejarah bagi para buruh dimana munculnya hari tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan para buruh sebagai kaum pekerja terhadap para pengusaha dikarenakan adanya tuntutan hak yang belum diperoleh sepenuhnya sebagai buruh di perusahaan tempat mereka bekerja. Adanya hari tersebut memunculkan kemungkinan-kemungkinan para buruh akan melaksanakan demonstrasi untuk menyuarakan pendapat mereka agar tuntutan mereka sebagai pekerja diterima oleh perusahaan mereka.

Adanya kemungkinan tersebut maka Kodim 0718/Pati dan Polres Pati mengadakan Apel Gelar Kesiapan Pasukan sebagai bentuk antisipasi pengamanan Hari Buruh Internasional.  kegiatan apel kesiapsiagaan tersebut berlangsung di Lapangan Mapolres Pati.

Kegiatan ini sebagai bentuk pemberian bantuan TNI kepada Polri untuk mengatasi kemungkinan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan pada saat Hari Buruh Internasional. Menyikapi perkembangan situasi keamanan nasional pada kondisi tertib sipil, khususnya penanganan konflik sosial, tugas perbantuan TNI ke Polri telah diatur pemerintah.   Ditambahkan, peraturan pemerintah berupa Inpres Nomor 2/2013 tentang Penanggulangan Gangguan Keamanan Dalam Negeri, sebagai landasan menyusun rencana aksi, pencegahan hingga pemulihan konflik. Di samping itu terdapat dua peraturan lagi yaitu MOU TNI-Polri tahun 2013 tentang Perbantuan TNI kepada Polri dan kedua Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Operasi TNI sebagai keputusan Panglima TNI tahun 2012.  Ketiganya merupakan dasar pelaksanaan tugas-tugas perbantuan Prajurit TNI kepada Polri di satuan-satuan TNI dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.  Sehingga ke depan kegamangan para Komandan Satuan TNI di daerah yang akan bertindak membantu Polri menangani konflik sosial, tidak terjadi lagi karena telah ada dasar hukum yang jelas dan kuat kedudukannya.

 

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :