Bati Wanwil Koramil Tambakromo Hadiri Penyaluran Bantuan Konsumtif 180 Kaum Fakir

TAMBAKROMO – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati menyalurkan bantuan konsumtif berupa uang senilai Rp.250.000 kepada kaum fakir.

Bantuan yang diberikan Baznas kepada kaum fakir ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua Baznas Pati, H. Imam Zarkasi, di Gedung Haji desa Karangmulyo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, Sabtu (13/4/19) pagi.

Hadir dalam acara ini diantaranya, Camat Tambakromo Sudarto S.Sos., Danramil Tambakromo diwakili Bati Wanwil Pelda Sukarbin, Kapolsek Tambakromo diwakili Wakapolsek Iptu Supriyanto, ketua Baznas Pati H. Imam Zarkasi, 10 orang kaum fakir perwakilan dari 18 desa se Kecamatan Tambakromo.

Dalam kesempatan tersebut H. Imam Zarkasi mengatakan program bantuan konsumtif bagi kaum fakir ini tidak berkaitan dengan politik Pileg dan Pilpres. Bantuan ini murni bagian dari program Baznas Kabupaten Pati selain bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Ia mengungkapkan, karena keterbasan jumlah dana umat yang dihimpun oleh Baznas, sementara ini pihaknya hanya mampu menyalurkan bantuan bagi kaum fakir 10 orang dari 18 desa di Kecamatan Tambakromo, dengan jumlah nominal masing-masing orang Rp.250.000,” ujarnya.

Kepala Baznas Pati juga berharap program bantuan ini seiring berjalannya waktu semoga dapat meningkat jumlah nominal maupun penerimanya. Karena program kemanusiaan ini hadir dan dilaksanakan Baznas Kabupaten Pati tak lain untuk meringankan beban hidup masyarakat terutama mereka yang masuk dalam 8 asnaf penerima zakat atau mustahik.

“Oleh karena itu, kami tak henti-hentinya mengajak para muzaki atau orang yang wajib membayar zakat untuk tak ragu menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kabupaten Pati. Nanti zakat yang masuk itu akan kami kelola dan disalurkan sesuai peruntukkannya, yaitu 8 asnaf penerima zakat yang ada di Kabupaten Pati,” paparnya.

Lebih jauh Imam Zarkasi menuturkan, sebagai mitra pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan, Baznas berkomitmen membantu mustahik meningkatkan perekonomiannya.

Karenanya pihaknya terus mendukung berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, sehingga para mustahik ini nanti dapat meningkatkan perekonomiannya.

“Kita juga berharap dengan meningkatkan perekonomian yang menerima zakat itu, pada nantinya mereka akan menjadi muzakki atau orang yang membayar infak dan zakat. Inilah tujuan utama dari bantuan kami ini,” pungkasnya. (Wn)

Author:
Tags
  • Tak ada kategori
Masukkan Komentar Anda :
Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0 Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/session) in Unknown on line 0