Cara Mencegah Penyakit Hepatitis B Ala Anggota Kodim 0718/Pati

Pati -Kondisi kesehatan sangat penting apalagi kesehatan seorang prajurit dan PNS. Dengan tuntutan tugas yang sangat padat seorang prajurit dan PNS harus tetap sehat dan kuat.

Atas dasar itulah Den Kes Yah 04 04.03 RS Marga Husada Pati  melaksanakan Program Vaksinasi Hepatitis B TA. 2018 kepada seluruh anggota jajaran Kodim 0718/Pati. Kegiatan dipusatkan di aula Makodim, senen (06/11/2018).

Selain menerima vaksin, para prajurit dan PNS juga menerima sosialisasi untuk mengetahui penyakit hepatitis B berikut gejala-gejalanya. Petugas vaksin selain anggota dari Den Kes Yah 04 04.03 RS Marga Husada dengan dibantu oleh dokter Eko  Yulianto yang merupakan dokter klinik juga dibantu PNS Empi Riyanto dari Den Kes Yah 04 04.03 RS Marga Husada Pati.

Dandim 0718/Pati melalui Kasdim Mayor  Inf MUCH.  SHOLIHIN, S.Ag., M.Si mengatakan, tujuan kegiatan itu mencegah dan menangkal penyakit Hepatitis B. Selain itu, Dandim berharap melalui kegiatan ini para prajurit semakin sadar hidup sehat dan supaya rutin memeriksakan kesehatannya secara berkala.“Lebih baik mencegah daripada mengobati,” kata Kasdim.

Sementara dokter Eko Yulianto menegaskan hepatitis adalah penyakit menular. Lantaran itu bagi prajurit harus mengikuti vaksin untuk mencegah penyakit tersebut.

“Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B (HBV). Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, penderita hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati,” tegas dia. ( Pendim Pati)

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :