Dandim Bersama Bupati Ikuti Sholat Idul Adha Di Masjid Baitunnur

Pati- Bertempat di Kelurahan Pati Kidul tepatnya di Masjid Agung Baitunnur Pati telah dilaksanakan shalat Idul Adha 1440 H dengan Imam KH. NUR FAQIH FANANI, S.Ag yang diikuti sekitar 4000 orang jemaah pada hari minggu, 11/08/2019.

Hadir dalam kegiatan shalat Idul Adha, Bupati Pati Bersama wakil bupati, didampingi Dandim Pati dan Waka Polres Pati.

Dalam sambutannya, Bupati Pati Haryanto mengatakan, “Idul Adha 10 Dzulhijjah 1440 H ini, jutaan kaum muslimin dari segala penjuru dunia berkumpul di padang Arafah untuk melaksanakan wukuf, menunaikan ibadah haji, rukun Islam yang kelima,”

“Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai syiar dengan penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang dan meneladani peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim setelah beliau menerima wahyu illahi melalui mimpi, yang memerintahkan agar beliau menyembelih putranya, Ismail, ”

“Sebuah ujian keimanan yang amat sulit dan berat untuk dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan,” terang Haryanto.

“Karena itu, peristiwa kurban seharusnya tidak dimaknai sebatas proses ritual, melainkan juga diletakkan sebagai keteladanan dalam konteks peneguhan nilai-nilai dan spirit pengorbanan, kemanusiaan, dan keadilan,”tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Pati juga menyampaikan bahwa atas dasar nilai-nilai spirit itu, peringatan Idul Adha dan ibadah kurban memiliki dua makna penting, yang pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah yang diberikan Allah.

Kedua, makna sosial, di mana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah kurban.

Menurut Bupati, pelaku pembangunan di Kabupaten Pati juga dituntut harus bisa mengorbankan egoisme dan egosentrisme pribadi maupun kelompok, dengan hidup patuh pada ajaran Allah.

Sedangkan sikap ini tercermin dalam kepatuhan kepada norma hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah dilaksanakan kegiatan shalat Idul Adha kemudian dilaksanakan penyembelihan hewan kurban oleh panitia. (mhd.snpt/pendim)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :