Dandim Pati Hadiri Upacara Memperingati Hari kesehatan Nasional.

Pati- bertempat di halaman kantor Pemda Kabupaten Pati telah berlangsung upacara dalam rangka memperingati HKN ( Hari Kesehatan Nasional ) Ke 54. Senin (12/11/2018)

Bupati Pati Haryanto S.H MM.M.Si membacakan Amanat Mentri Kesehatan RI) HKN ke 54 dengan Peringatan Hari Kesenatan Nasional yang saat ini kita laksanakan, mengangkat Tema “Aku Cinta Sehat” dengan sub tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Peringatan HKN hari ini yg ke-54 ini diharapkan semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan
memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah yang tertuang dalam Inpres No.1 tahun 2017 .Pemerintah telah berupaya dengan pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan.

Perlindungan finansial telah dibayarkan iuran bagi penerima bantuan Iuran (PIB) yakni 87,8 juta jiwa pada tahun 2015 menjadi 92,3 juta jiwa.
Fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menerima layanan JKN dari 19.969 tahun 2015 menjadi 21.763 pada tahun 2017.

Untuk fasilitas tingkat lanjutan juga mengalami peningkatan dari 1.847 faskes pada tahun
2015 menjadi 2.292 pada tahun 2017.
Pemenuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di Daerah Terpencil, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK), Pemerintah telah menempatkan 6.316 tenaga.

kesehatan melalui Nusantara Sehat (NS), Wajib Kerja Dokter Spesdialis (WKDS) serta penugasan khusus calon dokter spesialis.juga tingkat pertama sebanyak 375 rehabilitasi Puskesmas, 35 pembangunan Gedung, 750 pembangunan baru Puskesmas, 34 Unit Puskesmas keliling perairan, 537 Unit Puskesmas keliling.

roda empat, Penyediaan 1.650 Unit ambulans roda dua, 86 Unit ambulans roda empat, dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas, serta 10.437 penyediaan alat kesehatan di Puskesmas. Saat ini untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan telah terdapat 104 rumah sakit rujukan regional, 20 RS rujukan

propinsi, 4 RS rujukan Nasional, dan 408 RSUD lainnya.Untuk capaian program HIV/AIDS melalui upaya terobosan Temukan, Obati, Pertahankan pengobatan ARV (TOP) . Dalam Upaya pengendalian TBC melalui upaya Inovasi Temukan Obati Sampai Sembuh (TOSS) dengan
menerapkan integrasi kegiatan Program Indonesia Sehat.

Pendekatan Keluarga (PIS-PK).
Tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. harus segera diselesaikan dengan meningkatkan kualitas hidup sehat.
Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali
sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan.

dalam melibatkan semua unsur. lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.
Selamat Hari Kesehatan Nasional,aku cinta sehat,ayo hidup sehat,mulai dari kita.

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :