Danramil Jaken menghadiri Uji Publik Balon Kades Desa Mantingan

Jaken, Bertempat di Balai Desa Mantingan, pukul 10.05 wib, Danramil Jaken Kapten Inf Urip Widodo, menghadiri Verifikasi berkas pencalonan dan Uji Publik dalam rangka Pilkades di Desa Mantingan Kecamatan Jaken yang berlangsung hari ini. (Sabtu, 01/12/018).

Tujuan Uji publik adalah untuk mengetahui, kelengkapan dan keaslian berkas atau persyaratan para bakal Calon. Serta untuk mengetahui, mengukur dan menilai tingkat kompetensi yang meliputi kualitas pengetahuan di bidang pemerintahan dan kepemimpinan, integritas dan moralitas calon.

Adapun bakal calon sbb :

1. Nama : Ngartono
Alamat : Rt 05/01
Ttl : Pati, 12 Juli 1971
Pendidikan : SLTA

2. Nama : Sugeng
Alamat : Rt 05/01
Ttl : Pati,15-10-1967
Pendidikan : SLTA

3. Nama : Sulistiyono
Alamat : Rt 04/01
Ttl : Pati, 8 Maret 1968
Pendidikan : SLTA

Bpk Januri SH selaku Pj. Kades Mantingan dalam sambutannya mengatakan, ” Uji publik ini merupakan tahapan yang harus di lalui. Dalam penelitian nanti agar di cermati betul tentang kelengkapan dan keabsahan berkas dari bakal calon. Dan apabila dalam uji publik ini persyaratan apa yang masih kurang agar segera di penuhi dan berkoordinasi dengan panitia pemilihan”

Kasi PMD Kecamatan Jaken bpk Agus Karyadi, SE, M. Si mewakili Camat Jaken dalam sambutannya mengatakan,“
Uji publik atau klarifikasi persyaratan calon ini agar di cermati betul, Sekiranya nanti dalam uji bila sdh terpenuhi bisa di tetapkan sebagai calon kades, ” ujarnya.

” Dalam uji publik nanti dokumen yg asli agar di bawa utk di cocokkan keabsahannya dan juga agar nanti di minta partisipasinya kepada masyarakat untuk menyaksikan, dan apabila ditemukan berkas persyaratan yang belum lengkap, ”

masih ada kesempatan untuk para bakal calon melengkapinya sebelum tahap penetapan calon, team verifikasi dapat melaksanakan tugasnya secara baik dan profesional sehingga mendapatkan hasil yang optimal,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula Danramil Jaken, Kapten Inf Urip Widodo dalam sambutannya juga menekankan, “kepada para peserta Calon Kades untuk mematuhi peraturan perundang undangan yg berlaku selama tahapan Pilkades agar menjaga Pilkades aman dan Kondusif”, ” Tegas Kapten Urip.

“Dan para Calon harus siap menang dan siap kalah, Ini merupakan suatu kehormatan bagi saudara Karena tidak semua warga bisa mendapatkan kesempatan seperti saudara, Saudara adalah merupakan orang terpilih,” tandasnya.

Kapolsek Jeken yang di wakili Bhabinkamtibmas Bripka Riza dalam sambutannya menyampaikan pesan tentang, kamtibmas agar para calon kades dan pendukungnya untuk menjaga situasi kamtibmas selama proses jalannya tahapan Pilkades yang kondusif dan tidak ada yang melanggar aturan perundang undangan tentang Pilkades serta para calon harus siap menang tapi juga harus siap kalah.

Sementara itu ketua panitia Bpk Rubi Romli menyampaikan, ” Kepada Bakal calon di harapkan dapat bersaing dengan sehat, Dan diharapkan seluruh elemen masyarakat dan panitia yang ada dapat memberikan solusi yang tepat agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, ”

” Apabila nanti Berkas Bakal Calon tidak lengkap persyaratan, namun masih adanya batasan waktu untuk melengkapi persyaratan sesuai dengan tatib pelaksanaan Pilkades, dan semoga dalam pilkades nanti desa Mantingan aman dan kondusif,” ujarnya.

Hadir dalam uji publik tersebut :

1. Muspika Kec Jaken
2. Pj Kades Mantingan
3. Ketua PMD Kecamatan Jaken
4. Ketua BPD, LPMD Desa Mantingan
5. Tomas, Toga dan Toda Desa Mantingan
6. Ketua Rt Rw Desa Mantingan
7. Masyarakat kurang lebih 50 orang

Setelah diadakan penelitian akan kelengkapan dan keaslian persyaratan, panitia pilkades menyatakan untuk semua persyaratan dari ke 3 balon di nyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

Dan untuk selanjutnya balon bisa di tetapkan sebagai Calon sesuai dengan mekanisme yang ada dalam pilkades.

Kegiatan selesai pukul 11.30 wib dalam keadaan aman tertib dan lancar. (Nardi16)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :