“EMPAT” PILAR KEBANGSAAN DILAPANGAN ALASDOWO

Pati — Pembangunan mental,watak dan karakter remaja saat ini sangat perlu di selenggarakan dalam berbagai kegiatan,salah satunya yang di lakukan anggota koramil 10/Dukuhseti kopka Jahari babinsa tegalombo memberikan materi wawasan kebangsaan dalam rangka perkemahan dilapangan sepakbola desa alasdowo kecamatan dukuhseti kabupaten Pati, Kamis (10/5)

Kegiatan yang di laksanakan dilapangan sepakbola alasdowo selain menjadikan insan pramuka yang berpedoman pada dasa dharma dan trisatya,materi 4 pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila,UUD 1945,Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harga mati,sangat perlu di berikan kepada segenap peserta pramuka,sehingga dengan materi tersebut dapat menjadikan generasi bangsa yang berjiwa cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan.

Sekitar 150 siswa/siswi MA YATABA Alasdowo mengikuti kegiatan ini dengan seksama,hal inilah yang di harapkan oleh bangsa sehingga proses pembentukan Character Building untuk remaja akan terus berkesinambungan dari masa ke masa.

Adapun tujuan dilaksanakan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) ini, adalah untuk memupuk jiwa tentang pemahaman wawasan kebangsaan, dan untuk memberikan gambaran tentang ancaman ,Tantangan,Hambatan maupun gangguan yang di lakukan oleh kelompok radikal dan kelompok lainnya yang merongrong kelangsungan hidup bangsa dan negara yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 pada masa sekarang.

“Pengenalan pancasila adalah salah satu praktek yang kami laksanakan dengan menunjuk salah satu siswa untuk mengucapkan pancasila, dan menjelaskan tentang masing masing sila dalam pancasila. Hal ini merupakan langkah kami dalam upaya memicu kemampuan siswa – siswi untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila, sehingga Pancasila tidak hanya dihafalkan saja, harus diamalakan oleh siswa – siswi denga baik, yang pada akhirnya siswa – siswi cinta tanah air, cinta bangsa dan cinta negara,” pungkas Kopka Jahari. (Pendim)

 

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :