Han Mars, Sarana Dekatkan TNI Dengan Masyarakat

Pati – Dalam rangka melaksanakan Program Kerja (Progja) dari Komando Atas khususnya bidang operasi, Kodim 0718/Pati melaksanakan kegiatan Minggu Militer guna pemeliharaan serta peningkatan kemampuan fisik prajurit dengan melaksanakan Latihan Ketahanan (Hans Mars), Selasa 25/06/2019.

 

Kegiatan yang diikuti oleh Komandan Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan, S.Sos, Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si, para  Perwira, Bintara dan Tamtama, Kades  Lumbungmas Sutikno beserta jajarannya serta beberapa masyarakat sekitar dengan mengambil route seputaran wilayah  Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati.

Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag, M.Si saat mengambil apel menegaskan  bahwa tujuan dari kegiatan Hanmars ini adalah untuk melatih ketahanan fisik, memelihara dan meningkatkan kemampuan jasmani juga mental prajurit serta mempererat jiwa korsa sesama anggota Kodim Pati beserta jajarannya.

“ Kegiatan ini rutin kita lakukan pada minggu militer dan sebagai variasi kegiatan salah satunya adalah han mars ini agar prajurit tidak merasa jenuh selain itu  untuk refreshing dalam rutinitas tugas sehari hari,”  Ungkapnya.

 

Kordinator Materi Lettu Kav Budi Karyadi, SE selaku Pasiops mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menjaga fisik serta kemampuan prajurit Kodim 0718/Pati  dan mengenal daerah lingkungan tempat pelaksanaan han mars tersebut.

Sebelum Hanmars dimulai anggota melaksanakan apel pagi dilanjutkan dengan senam peregangan serta pemanasan agar kegiatan yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pemanasan  ini dipimpin langsung oleh Pelda Suparno selaku Batiops.

Pelaksanaan Hanmars kali ini diadakan di Desa Lumbungmas Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Dengan rute melalui perumahan warga, persawahan dan hutan jati dengan menempuh rute 7km yang ada di sekitar Desa Lumbungmas diharapkan para prajurit Kodim 0718/Pati dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Selain itu lebih mempererat antara TNI dengan masyarakat sekitar rute yang dilalui.

 

Kepala Desa Lumbungmas  Bapak Sutikno mengucapkan terima kasih dengan diadakannya kegiatan hanmars ini di wilayah Desa Lumbungmas. Selain untuk memperkenalkan Desa Lumbungmas, para prajurit Kodim 0718/Pati bisa mengetahui situasi geografis dan kehidupan masyarakat setempat.

“ Dengan diadakannya hanmars di desa kami ini, kami berharap dapat menumbuhkan rasa kedekatan antara TNI dan rakyat agar semakin terjalin silaturahmi dan rasa kebanggaan rakyat terhadap anggota TNI,” Ungkap Sutikno.

 

Danramil 17/Pucakwangi Kapten Inf Suyani yang ditemui mengatakan  kegiatan hanmars ini masyarakat Desa Lumbungmas dengan antusias menyambut disepanjang jalan desa yang dilalui. Banyak dari anak anak yang ikut berjalan menemani para personel kodim 0718/Pt sambil bernyanyi. Dengan riang gembira anak-anak ini mengikuti jalan sampai di ujung desa.

“ Itulah salah satu bentuk kedekatan TNI dan masyarakat terutam di Desa Lumbungmas,” Ungkap Danramil. (sol)

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :