Jelang Pemilu, Babinsa Koramil 11/Gembong Latih Linmas

GEMBONG – Serda Sujiyanto Babinsa Koramil 11/Gembong Kodim 0718/Pati melaksanakan pembinaan dan pelatihan terhadap pertahanan wilayah dengan melatih Linmas, bertempat di halaman Balai Desa Bageng Kecamatan Gembong Kabupaten Pati, Rabu (13/2/19).

Adapun materi yang diberikan dan dilatihkan oleh Serda Sujiyanto diantaranya, latihan dasar Pendidikan Baris Berbaris (PBB), dan materi Wawasan Kebangsaan.

Materi yang diberikan bertujuan untuk pembinaan mental dan jiwa kebersamaan (korsa) sesama rekan anggota Linmas serta loyalitas terhadap perintah atasan. Tujuan lain, untuk menanamkan jiwa patriotisme cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia.

Disela-sela pelaksanaan latihan, Serda Sujiyanto Babinsa Bageng menjelaskan bahwa, kegiatan pelatihan terhadap Linmas dengan maksud untuk mendidik dan melatih disiplin anggota Linmas sehingga dapat mempraktekkan apa yang telah didapat selama latihan dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

“Sehingga Linmas dapat menjadi contoh bagi masyarakat lainnya, hidup penuh kedisiplinan serta menumbuhkan semangat Bela Negara,” tutur Babinsa.

Ditempat berbeda Danramil 11/Gembong Kapten Cba. Kistono menerangkan, satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana. Selain itu Linmas juga ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan,” terangnya.

“Linmas yang merupakan satuan Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat, yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” ujar Danramil.

Dalam Kegiatan Latihan Linmas tersebut, juga dihadiri Camat Gembong yang diwakili Kasi Pemerintahan, Kades Bageng Kusmanto beserta perangkatnya. Peserta latihan yang diikuti 28 orang anggota Linmas perwakilan dari masing-masing desa se Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. (Wn)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :