Kepedulian Babinsa Terhadap Lingkungan

KORAMIL 04/KAYEN Sebuah interaksi Komunikasi Sosial Babinsa Koramil 04/Kayen Kodim 0718/Pati dengan petani melaksanakan membantu pembangunan sebuah tempat Rembuk Tani (Gubuk) di Dukuh Tengahan di area sawah milik Bapak Sukahar Poktan Sidodadi Desa Jimbaran Kec. Kayen Kab.  Pati Jumat (11/01/2019).

Gubuk yang dulunya sangat sederhana itu telah menjadi saksi bisu sinergitas dan soliditas,serta kemanungalan TNI dengan komponen masyarakat dalam mewujudkan pembangunan termasuk menjaga imunitas bangsa atau immunity of nation,gubuk tua direnofasi sedemikian rupa sehingga menjadi tempat rembuk tani juga tempat berteduh dari teriknya matahari dan curahan hujan oleh para petani yang lebih layak kembali.

Tidak perlu diragukan lagi, kedekatan Babinsa dengan komponen masyarakat termasuk petani sudah terbukti. Seperti yang dilakukan salah satu Babinsa Koramil 04/Kayen Kodim 0718/Pati Kopda Siswanto, membuka ruang berkomunikasi sosial untuk berdiskusi dan memecahkan suatu masalah serta Pendampingan petani.

“Disini saya bertukar pikiran, termasuk memberikan motivasi kepada petani untuk semangat bekerja dan terus meningkatkan hasil produksi,” ucapnya.

Saat ditanya, kenapa memilih tempat di sebuah gubuk. Kopda Siswanto mengatakan bahwa tempat yang paling efektif untuk berkomunikasi dengan petani adalah dimana tempat mereka melakukan aktifitas dan disitulah kenyamanannya.

“Petani tempat kerjanya disawah, tentunya mereka nyaman disitu dan gubuk itu menjadi istana bagi petani untuk melepas lelah setelah bercocok tanam dibawah terik matahari,” ulasnya.

Selain itu, katanya Babinsa selaku pembina desa dan pendamping petani sudah seharusnya menyambangi warganya dimanapun berada, tidak pilih tempat dan waktu.

“TNI khususnya kami Babinsa Kodim 0718/Pati hadir ditengah-tengah masyarakat dan selalu semangat memberikan bantuan kepada masyarakat dimanapun berada, baik diminta ataupun tidak,” tuturnya.

Sementara itu Danramil 04/Kayen Kapten Cba Zuhri Antoro “mengatakan bahwa personel Koramil 04/Kayen akan selalu memberikan bantuan dan dukungan kepada petani. Hal itu dilakukan untuk memberikan motivasi dan semangat dalam bekerja”.

Dalam kesempatan diskusi tersebut,  Kopda Siswanto juga telah menampung semua aspirasi dan kendala yang dihadapi petani, kemudian akan dilaporkan ke komando atas untuk dijadikan bahan evaluasi dan pengambilan keputusan.

“Apapun masukan positif dan kendala yang dihadapi akan kita tampung dan laporkan ke pimpinan guna kelancaran dan keberhasilan tugas kedepan yang menjadi program pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan sejahtera bagi rakyat” demikian pungkasnya.

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :