Kerja Bhakti, Bebaskan Lingkungan Dari Sampah

PATI – Menindaklanjuti perintah Bupati Pati H. Haryanto S.H., M.M., M.Si., terkait penanganan sampah yang dibuang sembarangan, yakni di tepi jalan Desa Wukirsari – Maitan Kecamatan Tambakromo, Muspika Tambakromo dan Pemerintah Desa bersama warga melaksanakan Kerja Bhakti membersihkan sampah yang kian menumpuk dan mengganggu lingkungan, Sabtu (14/9/19).

Hadir dalam kegiatan tersebut, personil Koramil 20/Tambakromo sebayak 10 orang dipimpin oleh Danramil Kapten Arm Ekut Supriyantoro, anggota Polsek Tambakromo sebanyak 5 orang dipimpin oleh Wakapolsek Iptu Supriyanto, Kepala Desa Wukirsari, Kepala Desa Maitan berserta perangkatnya dan anggota BPD, siswa siswi SMPN 2 Tambakromo sebanyak 15 orang.

Dalam kesempatan tersebut Camat Tambakromo mengajak semua aparatur pemerintah dan masyarakat Kecamatan Tambakromo untuk memerangi sampah di lingkungan masing – masing. Sudah menjadi pemandangan yang biasa, sampah plastik dan sampah rumah tangga berhamburan dan menumpuk di pinggir jalan, pasar dan tempat lain.

“Untuk itu, seluruh aparat Pemerintah supaya mendukung menjadi motor dibidang kebersihan lingkungan,” kata Sudarto.

Lebih lanjut Sudarto mengatakan, dalam kegiatan kerja bakti pembersihan sampah yang pembuangannya tidak pada tempatnya.
Saat ini lingkungan rumah warga di Desa di wilayah Kecamatan Tambakromo sudah tidak terlalu banyak yang kumuh. Rata-rata pemukiman warga sudah mulai direhab dan dibangun baru dengan semi permanen yang jauh lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Danramil 20/Tambakromo mengingatkan, untuk memulai gerakan menjaga kebersihan lingkungan harus dimulai dari diri sendiri, rumah masing – masing dan mulai dari yang terkecil.

“Mulailah dari sampah yang bisa kita pungut, yang bisa kita bersihkan sendiri dan dibuang pada tempatnya. Jangan tunggu sampai sampah menumpuk dan menggangu lingkungan. Mulai hari ini, melalui program kerja bhakti gotong royong bersama aparat pemerintah dan masyarakat, kita akan perangi sampah di wilayah Kecamatan Tambakromo,” kata Danramil.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Karena budaya gotong royong dalam membangun Desa tetap harus tumbuh dan berkembang tanpa dibatasi oleh waktu. Karena dengan membersihkan lingkungan dari sampah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian dan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaannya menjaga kebersihan lingkungan pedesaan,” pungkas Danramil. (Wn).

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :