Kesenian Tradisional Kothoprak, Sebagai Sarana Komsos Babinsa Dengan Warga

PATI – Bertempat di halaman Balai Desa Tambaharjo Kecamatan Tambakromo, Babinsa Koramil 20/Tambakromo yang membawahi Desa Tambaharjo, Pelda Sukarbin melaksanakan pemantauan wilayah sekaligus melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan menyaksikan kesenian tradisional ketoprak bersama Perangkat Desa dan masyarakat dalam rangka kegiatan adat sedekah bumi, Kamis (18/7/19) malam.

Kegiatan tersebut sebagai perwujudan adanya hubungan yang harmonis antara Babinsa dengan Perangkat Desa dan masyarakat yang menjadi wilayah binaan. Pemantauan wilayah sekaligus melaksanakan Komsos dengan warga masyarakat merupakan salah satu tugas pokok Babinsa agar selalu dekat dengan warganya.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa mengatakan, “komsos dengan Perangkat Desa dan masyarakat secara langsung hasilnya akan lebih efektif karena segala bentuk informasi dari Babinsa akan cepat sampai kepada warganya. Dan begitu juga sebaliknya sebagai Babinsa bisa mendapatkan informasi dan mengetahui permasalahan yang ada di masyarakat binaanya,” kata Pelda Sukarbin.

Babinsa juga menambahkan, Komsos dengan warga masyarakat merupakan program kerja yang paling utama untuk lebih dekat dengan warga desa binaan, dan ini merupakan tanggung jawab Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan serta untuk lebih mempererat hubungan antara Babinsa dan perangkat desa serta masyarakat,” ujarnya.

Ditempat berbeda Danramil 20/Tambakromo Kapten Arm Ekut Supriyantoro juga menjelaskan, dengan adanya Komsos yang dilaksanakan Babinsa secara rutin, diharapkan dapat menambah kedekatan antara Babinsa dan Perangkat Desa serta warga desa binaannya. Dengan dilaksanakan kegiatan pemantauan ini maka masyarakat yang ada di wilayah binaan juga akan lebih memahami figur seorang Babinsanya dan akan lebih akrab tentunya,” jelasnya.

Lebih lanjut Danramil juga menambahkan, disamping itu pemantauan wilayah dan Komsos merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Babinsa dan Perangkat Desa binaannya untuk menciptakan kerukunan dalam lingkungan diwilayah, sehingga desa binaan akan bisa selalu terpantau dengan maksimal
untuk menciptakan situasi yang aman, tenteram dan nyaman di wilayah desa binaan,” pungkasnya. (Wn)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :