Koramil Tingkatkan Kesehatan Warga Melalui Sanitasi Jamban Sehat

Pati – Kodim 0718/Pati, melalui Babinsa Koramil 20/Tambakromo kembali melaksanakan kegiatan program jambanisasi (Sanitasi). Pembuatan jamban untuk warga tersebut merupakan program sanitasi berbasis masyarakat di seluruh Kabupaten Pati, Senin (12/11/18).

Usai menyerahkan secara simbolis bahan-bahan perlengkapan untuk membuat jamban, Bati Tuud Koramil 20/Tambakromo Pelda Ramidi mengatakan, program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Tujuan program ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan.

“ Program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat edutainment untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban,” terang Pelda Ramidi.

Sementara itu Danramil 20/Tambakromo Kapten Infanteri Soepomo menerangkan, untuk pembuatan jamban di wilayah Koramil 20/Tambakromo, Kodim 0718/Pati pada semester 2 tahun 2018 ini sebanyak 14 unit dan difokuskan untuk warga desa Karangwono Kecamatan Tambakromo.

“Kita menargetkan sebelum akhir tahun 2018 sudah selesai semua dan masyarakat desa Karangwono tidak lagi buang hajat di sungai ataupun ditempat lain”, ujar Danramil.

Salah satu warga penerima bantuan pembuatan jamban Sukardi (60), desa Karangwono RT.04/03 Kecamatan Tambakromo mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim dan Koramil atas bantuan pembuatan jamban di rumahnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0718/Pati, khususnya Koramil Tambakromo yang akan membangun jamban di rumah kami ini,” ucap Sukardi dengan perasaan gembira.(Pendim Pati)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :