Makna Kemerdekaan Bagi “Orang Yang Terpinggirkan”

Pati – Tugas seorang Babinsa menjelang HUT Kemerdekaan Republik Indonesia semakin bertambah, salah satunya adalah menyiapkan untuk upacara pada tanggal 17 Agustus nanti.

Tak terkecuali dengan Babinsa yang berada di Koramil 12/Margorejo Kodim 0718/Pati.

 

Adalah Pelda Rupadi salah satu anggota Koramil 12/Margorejo salah satunya. Dengan dibantu beberapa rekan dari Koramil 12/Margorejo Babinsa yang satu ini mempunyai tugas untuk membina kaum marginal yang berada di Lorong Indah dan Kampung Baru untuk menyiapkan personel dalam rangka upacara nantinya.

Sudah menjadi tradisi tahunan dimana penghuni Lorong Indah dan Kampung Baru ini tiap tahunnya mengadakan upacara dengan petugas dan peserta upacara dari kaum marginal ini.

Pelda Rupadi beserta rekan Babinsa lainnya secara telaten dan sabar mengajarkan bagaimana menjadi petugas upacara, mulai dari baris berbaris, penghormatan sampai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

” Kegiatan ini sudah berkali kali tiap tahun kita laksanakan, akan tetapi untuk lebih khidmad dan lancar harus kita latihkan kembali,” Ungkap Rupadi.

 

Salah satunya adalah Bunga (samaran#red). Dia merasa bangga tahun ini menjadi salah satu petugas upacara. Dengan berlatih serius, Bunga mengikuti arahan yang diberikan oleh Pelda Rupadi. Bagaimana tatacara membawa stofmap sampai dengan membacakannya di depan peserta upacara.

“Rasanya agak canggung tetapi setelah diberikan arahan dari pak Rupadi akhirnya muncul juga semangat saya, apalagi ini upacara tujuhbelasan yang diadakan setahun sekali,” Ungkap Bunga.

” Inilah salah satu penghormatan, kebanggan dan jiwa nasionalisme  kami sebagai warga Indonesia,” Tambahnya.

 

Walau bagaimanapun mereka adalah warga negara Indonesia yang juga mempunyai hak dan kwajiban yang sama untuk merasa merdeka dan menikmati kemerdekaan ini. (12/solpdmpati)

 

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :