Home » Warta Koramil » Berita » Narkoba merupakan bahaya yang nyata

Narkoba merupakan bahaya yang nyata

Jaken, Senin 13 November 2017. Narkoba adalah bahan / zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan/ psikologi seseorang (pikiran, perasaan dan perilaku) serta dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi.

Penyalahgunaan narkoba selain merugikan kesehatan diri sendiri juga berdampak negatif terhadap kehidupan ekonomi dan sosial seseorang.Penyalahgunaan narkoba dapat merusak ekonomi karena sifat obat yang membuat ketergantungan, dimana tubuh pengguna selalu meminta tambahan dosis dan dengan harga obat-obatan jenis narkoba yang tergolong relatif mahal maka hal tersebut secara ekonomis sangat merugikan.

Ekonomi keluarga bisa bangkrut bilamana keluarga tidak mampu lagi membiayai ketergantungan anggotanya terhadap narkoba, bahkan hal ini bisa berdampak buruk yaitu bisa menimbulkan persoalan kriminalitas seperti pencurian, penodongan bahkan perampokan.

Keharmonisan keluarga pun bisa terganggu manakala salah seorang atau beberapa orang anggota keluarga menjadi pecandu. Sifat obat yang merusak secara fisik maupun psikis akan berdampak kepada ketidaknyamanan hubungan sosial dalam keluarga.

Penyalahguna narkoba juga menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Perilaku pengguna yang tidak terkontrol dapat mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Terlebih jika dikaitkan dengan timbulnya berbagai penyakit yang menyertainya seperti Hepatitis, HIV/AIDS, bahkan kematian.

Hal ini disampaikan oleh Babinsa desa Sidoluhur, Pelda M Rosidi dalam pelaksanaan komsos pada hari Senin tanggal 13 November 2017, bersama pemuda dan bpk Samiun selaku kadus Ngguyangan desa Sidoluhur.

” Memang pak babinsa, narkoba itu kalau di ibaratkan adalah mbahnya semua kejahatan. Karena narkoba mampu dan bisa mempengaruhi jalan pikiran seseorang untuk berbuat apa saja.” kata pak Samiun Kadus Ngguyangan.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa Pelda M. Rosidi juga mengajak dan menghimbau untuk tidak menggunakan narkoba. ” Itulah Narkoba, Narkoba tidak mengenal batasan usia, tidak mengenal laki perempuan. Narkoba akan selalu mengintai kita. Narkoba akan menghancurkan ekonomi, keluarga, jiwa dan pikiran.Narkoba bisa menghancurkan Negara tanpa kita sadari. Karena Narkoba adalah bahaya yang nyata.”

Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS. Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa.

Author:

Artikel yang masih berkaitan

Masukkan Komentar Anda :