PELESTARIAN KESENIAN TAYUB DI WILAYAH TAMBAKROMO

Pati – Senin tanggal 25 Juli 2016 pkl 20.00 wib, Serda Suwono Babinsa Maitan kec Tambakromo memantau giat pelaksanaan hiburan tradisional tayub dirumah bpk Karsiman Rt.04/05 desa Maitan kec Tambakromo. (25/07/2016)

Seiring dengan kemajuan jaman dan munculnya kesenian2 modern saat ini, ternyata kesenian tayub tidak mau kalah saing dengan kesenian modern seperti dangdut, pop, rock, maupun yg sekarang ini digandrungi anak2 muda yaitu musik regge. Hal ini terbukti masih seringnya orang punya kerja seperti acara nikahan maupun khitanan menyelenggarakan hiburan tayub. Seperti sekarang ini ternyata masih banyak peminat/penontonnya. Malahan bukan dari kawasan Maitan saja, bahkan banyak penonton dari wilayah Blora dan Purwodadi. Ini membuktikan bahwa kesnian tayub masih diminati dan disukai masyarakat. Bukan dari kalangan tua saja, anak2 muda pun ikut naik panggung berjoget bersama penari2 tayub.

Menurut bpk Yatin selaku koordinator kesenian tayub dari kawasan Todanan Blora, Group kesenian tayub ini bukan tampil diwilayah Tambakromo saja, tetapi sering juga tampil diwilayah Blora, Rembang, Purwodadi dan Pati. Dari keterangan2 yang kami dapatkan dari bpk Yatin, masyarakat Maitan khususnya masih nguri nguri budaya tradisional Tayub.

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :