RAKOR KAMTIBMAS TINGKAT BAKORWIL I TAHUN 2014

Pada hari Senin tanggal 20 Oktober 2014, Dandim 0718/pati menghadiri Rakor Kamtibmas Tingkat Bakorwil I tahun 2014 bertempat di Aula Bakorwil I Pati Jalan P Sudirman No 52 Pati, acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dipimpin langsung oleh Kepala Bakorwil I Provinsi Jawa Tengah. Narasumber Rakor Kamtibmas berasal dari Dandim 0718/Pati, Kesbangpolinmas Provinsi Jawa Tengah dan Satpol PP Provinsi Jawa Tengah  dengan moderator Kepala Satpol PP Kabupaten Pati. Peserta yang hadir  berjumlah 55 orang dari Kab/Kota se Bakorwil I, terdiri dari unsur Kesbangpolinmas, Satpol PP, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Hasil Rakor :

  • Banyak permasalahan muncul saat ini yang semakin komplek, hal tersebut dapat berdampak pada terganggunya kelangsungan pembangunan nasional serta menimbulkan gangguan kamtibmas di beberapa daerah. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya masalah kamtibmas, diantaranya adalah :
  1. Kondisi perekonomian yang belum stabil, baik makro maupun mikro.
  2. Tidak maksimalnya perangkat institusi dan hukum untuk menjaga dan mengendalikan kamtibmas di masyarakat.
  3. Ketidakpedulian masyarakat terhadap kondisi sosial di lingkungannya.
  4. Hilangnya sikap keteladanan yang seharusnya diberikan oleh pihak-pihak pemegang kekuasaan.
  • Generasi muda menjadi sasaran yang sangat mudah untuk dipengaruhi oleh kelompok-kelompok radikal baik keagamaan maupun budaya, sehingga diperlukan pembinaan dan deteksi dini.
  • Konflik merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, untuk itu setiap elemen masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dalam rangka memantapkan kondusifitas keamanan wilayah di Provinsi Jawa Tengah.
  • Perlunya membangun komunikasi baik aparatur pemerintah, masyarakat dan tokoh-tokoh agama, sehingga dapat bersama-sama melangkah untuk tercapainya pembangunan bangsa.

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :