Tingkatkan Ketrampilan Prajurit, Kodim Pati Gelar Uji Trampil Perorangan

Pati – Sebagai Satuan Kewilayahan Aparat Teritorial senantiasa memberikan sumbangsih dan membantu masyarakat didaerah binaan dalam rangka tugas Teritorial, untuk menunjang tugas sehari – hari dilapangan sebagai Prajurit harus meningkatkan kemampuannya melalui Uji terampil perorangan (UTP) yang dilaksanakan mulai tanggal 4 s.d 7 Februari 2019. Sedangkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan dan mengukur kemampuan Personil baik bagi Bintara dan Tamtama Kodim 0718/Pati untuk kemudian diaplikasikan guna menunjang pelaksanaan tugas dilapangan. Rabu (6/02)

“Latihan ini merupakan tahap untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada setiap waktu dan kesempatan. Diharapkan hasil yang dicapai dalam latihan tersebut, dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari,”

Dalam apel pembukaan,Pasiter Kodim 0718/Pati Kapten Arh Sumaryono menyampaikan latihan uji terampil perorangan ini dilaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh serta aplikasikan hasilnya dilapangan sehingga tujuan pokok dari latihan ini bisa tercapai dengan maksimal guna keberhasilan tugas sehari-hari.

Adapun Materi yang diberikan antara lain : Lima Kemampuan Ter yaitu mengumpulkan keterangan kejadian yang menonjol dalam rangka temu cepat lapor cepat, Pengetahuan umum / Materi umum, Pengetahuan senjata agar personil mampu dan bisa melaksanakan tindakan keamanan sebelum dan sesudah menggunakan senjata, Membaca Peta agar para peserta bisa dan mampu membaca tanda peta dan mampu mengaplikasikan di medan sebenarnya,”tegas Pasiter.

Ditempat terpisah Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Arief Darmawan S.Sos mengjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja yang telah diperintahkan oleh komando atas untuk melatih dan menjaga kemampuan prajurit TNI untuk meningkatkan kualitas seorang prajurit dengan tingkat jabatanya masing- masing sehingga menjadi seorang prajurit yang profesional.

Diharapkan dengan dilaksanakan uji terampil perorangan ini seluruh anggota/pejabat yang mempunyai fungsi masing- masing dapat mahir, sehingga dapat dijadikan tolak ukur bagi pimpinan untuk mengetahaui sejauh mana penguasaan anggota terhadap materi sesuai jabatan guna menghadapi dinamika sosial di masyarakat,” tandasnya.

Dandim menekankan kepada peserta UTP jabatan mengenai sikap kepedulian terhadap masyarakat. Ia menegaskan prajurit dituntut untuk selalu semangat dalam melaksanakan tugas serta dapat melaksanakan deteksi dan cegah dini.

“Prajurit TNI harus bisa temu cepat dan lapor cepat sehingga negara dan bangsa ini menjadi aman,”harap Dandim.(Pendimpati)

Author:
Tags

Similar posts

Masukkan Komentar Anda :