SMP N 1 Tambakromo Adakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

PATI – Upacara Hari Kesaksian Pancasila tahun 2019 dilaksanakan di halaman SMPN 1 Tambakromo Kabupaten Pati, Selasa (1/10/19). Seluruh peserta upacara tampak lebih khidmat. Pasalnya, upacara kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Upacara dikuti oleh seluruh civitas akademika SMPN 1 Tambakromo dengan petugas upacara anggota OSIS, MPK, Passus dengan mengangkat tema “Terapkan Pancasila dalam kehidupan kita”

Pelaksanaan Upacara kali ini juga dibantu oleh anggota Koramil 20/Tambakromo. Hadir Bati Tuud Koramil 20/Tambakromo Pelda Ramidi yang menjadi Pembina upacara sekaligus membacakan pidato Hari Kesaksian Pancasila.

Sejarah telah membuktikan bahwa partai Komunis mengadakan pemberontak untuk memporak porandakan negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila, pada tanggal 30 September 1965. PKI selalu mencoba melakukan kudeta dengan maksud menggantikan ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Namun, berkat soliditas TNI dan rakyat, usaha kudeta tersebut berhasil digagalkan. Oleh karena itu, Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia.

“Pancasila tidak lepas di dalam negara kita, karena Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia, meskipun hanya lima poin yang terdapat dalam Pancasila tetapi mempunyai banyak makna yang terkandung dalam Pancasila. Lima sila yang terdapat dalam Pancasila harusnya bisa kita terapkan dalam berbangsa dan bernegara mengingat Pancasila adalah tujuan negara yang memiliki nilai luhur, namun bagaimana agar Pancasila di negara kita diterpakan dengan baik,” ucap pembina upacara saat membacakan pidato upacara hari kesaktian Pancasila.

Pembina upacara juga menyampaikan menerapkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam Pancasila, diawali dari lingkungan keluarga, sekolah, sampai dengan negara.

“Maka kami yakin negara kita akan menjadi tenteram dan sejahtera. Mari kita terapkan Pancasila, Cintai bangsa Indonesia, bahasa dan budaya Indonesia agar Negara Indonesia kita dapat menjadi aman, damai, tenteram dan sejahtera,” pungkas Pelda Ramidi. (Wn).

Author:
Tags
Masukkan Komentar Anda :